Berita Fasilitator

ToT Fasilitator Keamanan Pangan Sekolah

23 Februari 2017
BPOM - Hotel Mercure, Cikini, Jakarta

Di dalam pelatihan dua hari ini 30 pelatih dari Balai POM diajak untuk mempelajari beragam teknik komunikasi partisipatif dan teknik mengembangkan konsensus/ komitmen, khususnya dalam konteks pembelajaran di kelas dan lebih luasnya, dinamika dalam komunitas sekolah. 

Sharing pengalaman: Penggunaan kartu dialog

13 Februari 2017
SEAMEO REFCON - SEAMEO, FK UI Salemba Jakarta

Kartu dialog tentang TTD adalah tools komunikasi bagi bidan yang dikembangkan Lapangan Kecil saat mengerjakan kontrak MI (Micronutrient Innitiative). Kartu ini membantu bidan agar proses komunikasi berlangsung cepat tanpa kehilangan pesan-pesan kunci. Kartu dialog juga membantu bidan menyampaikan pesan yang selama ini agak kurang nyaman disampaikan, yaitu pesan kematian (risiko ibu hamil tidak meminum TTD setiap hari selama kehamilan).

Sharing pengalaman penggunaan TTD adalah satu sub-sesi dari sesi tentang

Behavior Change Interventions in Practice: What are the lessons learned for nutrition programs?

Acara ini diikuti oleh mahasiswa SEAMEO dan juga undangan dari berbagai universitas dan organisasi. Secara lengkap, yang mengisi sesi itu adalah:

 

Behavior change component in BADUTA Program | Ravi Menon – GAIN
Competency building for Cadres* | DN Iswarawanti – SEAMEO RECFON

Use of dialog cards for pregnant women* | Risang Rimbatmaja – lapangankecil.org

 

Pelatihan FDS bagi Koordinator PKH

07 Februari 2017
Pusdiklat Kesos Jakarta - Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesos, Margaguna Raya, Jakarta

ToT diikuti oleh 60 koordinator PKH dari berbagai daerah di Indonesia. Sesi teknik fasilitasi yang dikelola Lapangan Kecil adalah 1 sesi awal (setengah hari) dari rangkaian 26 hari ToT. Teknik-teknik yang dibahas adalah pendukung pelaksanaan FDS -  Family Development Session.

Ujicoba & Pelatihan Supportive Supervision Guide

02 Agustus 2016
Aisyiyah - KNCV - Jakarta, Surabaya, Palembang & Kendari

Kegiatan ujicoba dan pelatihan ini merupakan kegiatan terakhhir dari TA KNCV untuk TB Aisyiyah.  Ujicoba panduan supportive supervision berlangsung di 3 kota, Surabaya, Palembang dan Kendari sepanjang 2-5 Agustus 2016. Minggu depannya, 9-12 Agustus, wakil SR, sebanyak 35 peserta dari berbagai kota di Indonesia, berkumpul di Novotel Mangga Besar untuk mempelajari panduan yang telah diujicoba.

Workshop Metode Pembelajaran

27 Juli 2016
BBPPKS Banjarmasin - Balai Besar Pendidikan & Pelatihan Kesejahteraan Sosial Banjarmasin

Pelatihan tiga hari ini (27-29 Juli 2016) difokuskan pada pembelajaran seni mengajar, yang terdiri dari pemanfaatan nonverbal, bahasa theatre of mind, dan pengelolaan kelas. Workshop diikuti oleh dua puluh peserta, yaitu Widya Iswara dan juga staf di lingkungan BBPPKS. Di hari ketiga, workshop diperkaya dengan penggunaan media animasi dalam konteks pembelajaran.

Counceling in practice

31 Mei 2016
MI - Hotel Whiz Bogor

Counceling in practice adalah sesi setengah hari dalam pelatihan ToT untuk isu gizi mikro yang berlangsung 5 hari di Bogor. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang berasal dari Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

ToT IPC - Interpersonal Communication

09 Mei 2016
IMA - MCAI - OKI Sumsel & Landak Kalbar

Pelatihan yang diikuti oleh 30 peserta per kabupaten bertujuan untuk membekali peserta (bidan, tenaga gizi, perawat dan pendamping lapangan) tentang IPC dan bagaimana berbagi teknik-teknik IPC bersama rekan sejawat. Di OKI, pelatihan berlangsung di 9-10 Mei 2016. Sementara, di Landak, pelatihan berlangsung di 12-13 Mei 2016.

Sesi - why do we do counceling?

04 Mei 2016
MI - Hotel Aston Pasteur Bandung

Sesi singkat ini berupaya untuk mendapat tanggapan peserta terhadap pertanyaan mengapa melakukan counseling. Sesi ini diikuti oleh sekitar 50 peserta, bidan dan tenaga kesehatan dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Barat. Sesi dijalankan dengan model partisipatif dan interaksi dengan harapan agar peserta memahami bahwa counseling yang dilakukannya dengan baik, pada dasarnya akan bermanfaat bagi si counselor sendiri.

Teaching skills: Participatory learning

23 April 2016
Bank Indonesia - Jakarta

Sekitar 45 peserta, wakil kantor wilayah, belajar tentang keterampilan mengajar. Bukan mengajar formal seperti di sekolah, namun mengajar di kelompok-kelompok masyarakat, seperti di kelompok petani, nelayan, buruh migran, ibu-ibu, siswa-mahasiswa dan lainnya. Pelatihan singkat berdurasi 5 jam ini berfokus pada 4 materi, yaitu memfasilitasi suasana belajar yang nyaman, mengembangkan partisipasi, keterampilan mendengarkan fasilitatif, feedback/ feedforward.

Ujicoba Modul IPC bagi Tenaga Kesehatan

08 April 2016
MI - Kupang, BTT dan Bangkalan, Madura

IPC atau interpersonal communication merupakan kecakapan penting bagi tenaga kesehatan, khususnya untuk berdialog bersama klien dan bersama-sama mengantar pada perubahan perilaku. Ujicoba ini merupakan rangkaian dari kegiatan pengembangan BCI - Behavior Change Intervention yang diprakarsai oleh MI - Micronutrient Innitiative. Ujicoba berlangsung di Kupang (8-9 April 2016) dan Bangkalan (19-20 April 2016).

 

Versi Mobile