Berita Fasilitator

Workshop di The Learning Farm

22 Februari 2012
IFN & TFL - Cipanas

Lapangan Kecil yang bergabung dalam Tim IFN (Maulana/ Ngatman/ Risang) mengunjungi tempat mba Zahra  (TFL-The Learning Farm) di pinggiran Cianjur/ Cipanas dan berkesempatan belajar bersama dengan anak-anak tentang fasilitasi. Sekitar 28 anak dari berbagai daerah berkumpul, sebagian baru saja mulai mengikuti program bercocok tanam organik selama 4 bulan ke depan. Terselip di antara 28 anak itu, ada 2 santri perempuan dari Lombok Barat.

 


Anak-anak TFL berasal dari berbagai daerah, membuat ramai urusan hitung menghitung ketika membagi kelompok dengan bahasa daerah. Ada yangdari Bali, Lombok barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Flores, Sulawesi dan lain-lain. Bisa dibilang mereka anak-anak rentan, karena kemiskinan keluarga, menjadi anjal, dll.

 


Beberapa topik kerja fasilitasi, dengan penekanan pada komunikasi antar-pribadi, kita pelajari bersama. Hal-hal sederhana saja, seperti menghapal dan menggunakan nama ketika berinteraksi, mengenal kawan (barunya), prinisp jarak/ ruang interaksi, menemukan dan mendiskusikan tipe-tipe kawan yang nyaman, mengobrol yang enak dll. Tujuan dari
pembelajaran ini memang untuk membantu proses mereka untuk saling kenal mengenal dan (syukur-syukur) kemudian berkawan baik.

 


Dengan selingan banyak permainan, anak-anak terlihat banyak tertawa dan bercanda selama pembelajaran. Bagi kami ini pengalaman yang menarik sekaligus memotivasi.

Versi Mobile